Kamis, 21 Maret 2013

menggerutu..oh...menggerutu

Ada kalanya kita mengeluhkan tindakan atau perilaku teman, kenapa dia begini...kenapa dia bersikap begitu.. kenapa ia melakukan hal itu sehingga membuat kita sebal, gak suka, bahkan benci.

Tapi kalau dipikir pikir. siapa sih yang pingin dibenci orang lain? orang sebebal apapun, se cuek to se-individual apapun, pasti gak pingin dibenci atau dijauhi orang lain. kalaupun ada ia nyeletuk 'cih, bukan urusan.., emang gua peduli?' percayalah pasti ada secuil rasa gundah di hatinya. they will trying their best to make you satisfied. to make you like them. 

jadi, menurut saya, ketika ada yang mengecewakan kita, percaya saja, dia bukannya sengaja melakukannya. percaya, dia telah berusaha sebaik mungkin melakukannya, hanya saja ia lupa atau khilaf hingga membuatmu kecewa. toh ia telah mencoba, toh ia telah berusaha memperbaikinya, toh ia juga manusia seperti halnya kita yang sering sekali lupa. apa mungkin ia dengan sengaja dan sadar mengecewakanmu dan membiarkanmu membencinya? apa ada manusia yang sengaja ingin dibenci?

menuntut yang lain sempurna dan seringkali mengeluhkan mereka, bisa jadi suatu pertanda sebenarnya kita ini lah yang paling sering dikeluhkan. bagaimana tidak, lisan sibuk mengkritisi yang lainnya, mata selalu awas menangkap tiap salah sesama. tapi hati lupa gak waspada, bahwa kapasitas diri belum tentulah bebas dari semua cela yang kita tuduhkan padanya.

hehe, gak tau deh. ini menurut saya aja. :D

Tidak ada komentar: