Kamis, 30 Mei 2013

berbuat baiklah!


“Barangsiapa berbuat baik kepadamu, balaslah dia, jika engkau tidak mampu, berdoalah untuknya.” (HR.Baihaqi)

"Tidak ada balasan untuk kebaikan kecuali kebaikan (pula)" (QS. Ar-Rahman: 60)

Berbuat baiklah, tebarkanlah kebaikan pada seluruh alam. karena Islam adalah rahmat, maka muslimin dan muslimat adalah penebar rahmat. itu prinsip menjalin hubungan di agama saya, Islam. pada sesama muslim, Islam mengajarkan untuk selalu saling mengutamakan, saling mencintai dan melindungi, seperti yang disabdakan Rasulullah dalam sebuah hadist:

“Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya, tidak menzhalimi atau mencelakakannya. Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya sesama Muslim dengan menghilangkan satu kesusahan darinya, niscaya Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan di antara kesusahan-kesusahan di hari kiamat. Dan barangsiapa menutupi aib seorang Muslim, niscaya Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat.” (HR Bukhari dari Abdullah bin Umar ra)

kepada yang bukan se-akidah, alias beda agama Islam mengajarkan untuk selalu berbuat baik dan bersikap adil. seperti yang firmankan Allah:

'Hai Orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-sekali kebencianmu terhadap suatu kaum, mendorong kamu berlaku tidak adil. berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada taqwa. dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan' (QS. Al-Ma'idah:8)

Dan apabila kita dizholimi, kita diperkenankan untuk membalasnya dengan balasan yang setimpal. tapi... kembali Allah yang Maha Pengasih mengajarkan pada kita bahwa kebaikan itu lebih utama untuk dilakukan. memaafkan lebih baik jadi pilihan, meskipun membalas adalah hal diperbolehkan:

"Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang setimpal, tetapi barangsiapa memaafkan dan berbuat baik (kepada yang berbuat jahat) maka pahalanya dari Allah. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang zalim" (QS. Asy-Syura:40)

Yuk perbaiki perilaku kita agar mencerminkan pribadi muslim yang sesungguhnya. kadang bersabar terasa menyakitkan, kadang mengalah terasa menyesakkan. tetapi seringnya suatu masalah takkan tuntas dengan pertikaian ataupun perdebatan. mengungguli suatu kejahatan dengan kejahatan serupa juga tak memberikan penyelesaian, malah membuat kacau dan pelik keadaan. mungkin inilah sebabnya Allah menjamin sebuah Istana di surga bagi yang menahan marah meski sesungguhnya ia mampu untuk disalurkan. 

Berbuat baik, bukan untuk dicap menjadi 'si baik', tapi berbuat baik sebagai bukti ketaatan kita pada perintahNya. selalu berbuat baik, karena 'manfaat' lebih banyak tertuang darinya. 
oke, yuk sama-sama menyemangati! :)


Tidak ada komentar: